Warung Bebas

Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

Jumat, 04 Maret 2011

Kegemukan atau Obesitas dapat mempengaruhi kepintaran

obesitas Penelitian baru-baru ini yang dilakukan ilmuwan Amerika membuat kesimpulan bahwa otak orang yang kegemukan (obesitas) akan mulai memburuk ketika mencapai usia 40 tahun.

Kegemukan alias obesitas tidak hanya dapat membahayakan kesehatan karena dapat menjadi faktor risiko penyakit jantung, stroke dan diabetes, tetapi juga dapat membuat kemampuan berpikir Anda menurun. Semakin gemuk volume otak semakin menurun.

Dalam penelitian tersebut, ilmuwan melibatkan partisipan yang bervariasi dengan rentang usia 40 sampai 60 tahun. Partisipan tersebut dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan berat badan, yaitu normal, overweight (kelebihan berat badan) dan obesitas (kegemukan).

Ketiga kelompok partisipan diminta untuk menyelesaikan masalah kompleks dan keaktifan otaknya diukur dengan menggunakan Magnetic Resonance Imaging (MRI).

Hasil dari penyelesaian masalah menunjukkan ada sedikit perbedaan pada peserta dari ketiga kelompok, tapi citra MRI menunjukkan adanya penurunan fungsi otak bagian lobus parietalis yang signifikan pada kelompok yang obesitas.

Para ilmuwan mengatakan gray matter (daerah abu-abu) pada orang gemuk (obese) bereaksi secara berbeda terhadap tugas-tugas yang diatur dibandingkan dengan orang dengan berat badan normal.

Selain itu, level atrofi otak secara langsung terkait dengan Body Mass Index (BMI). Peneliti juga menunjukkan bahwa orang dengan kelebihan berat badan mengalami penurunan atrofi jaringan otak di beberapa area sekaligus, yaitu lobus frontal, hippocampus, frontal callosal convolution dan lainnya.

Jika dibandingkan orang dengan berat badan normal, volume otak orang yang obesitas 8 persen lebih kecil, seperti dilansir GeniusBeauty, Sabtu (5/3/2011).

Laporan pada jurnal Health dari penelitian ilmiah lain juga menunjukkan bahwa obesitas meningkatkan risiko melemahnya kemampuan berpikir seiring usia.

Sedangkan sebuah studi tahun 2009 yang dilakukan oleh University of Pittsburgh menemukan bahwa otak dari orang yang memiliki kelebihan berat badan (overweight) akan mengalami penyusutan sebesar 4 persen, sedangkan orang yang obesitas (di atas overweight) akan mengalami penyusutan otak sebesar 8 persen.

Sudha Seshadri, MD, seorang profesor neurologi dari Boston University School of Medicine menuturkan penyebab dari masalah ini adalah lemak perut dalam yang juga dikenal sebagai lemak visceral (visceral fat). Hasil penelitian ini telah dipublikasikan secara online tahun 2010 di Annals of Neurology.

"Semakin besar jumlah lemak visceral yang dimiliki seseorang akan membuat otaknya semakin kecil. Volume otak yang kecil ini berhubungan dengan menurunnya fungsi kognitif seseorang," ujar Sudha Seshadri, MD.

Ref: http://health.detik.com

Tag: obesitas,obesitas pada anak,pengertian obesitas,obesitas adalah,obesitas dan kegemukan,mengatasi obesitas,obesitas anak,gambar obesitas,penyebab obesitas,cara mengatasi obesitas,artikel obesitas,obat obesitas,penyakit obesitas,diet obesitas,kegemukan,obesitas diet,jurnal obesitas,dampak obesitas,makalah obesitas,kegemukan dan obesitas,bahaya obesitas,obesitas di indonesia,anak obesitas,akibat obesitas,askep obesitas,wanita obesitas,obesitas pada anak sekolah,bayi obesitas,obesitas pada bayi,obesitas pada ibu hamil,obesitas pada balita,kasus obesitas,komplikasi obesitas,obesitas pdf,faktor penyebab obesitas,diet untuk obesitas,obesitas pada pria,latar belakang obesitas,prevalensi obesitas,terapi obesitas,klinik obesitas,prinsip diet pada ibu hamil dengan obesitas,pencegahan obesitas,arti obesitas,mencegah obesitas,makalah tentang obesitas,penelitian obesitas,pengobatan obesitas,faktor resiko obesitas,gemuk,wanita gemuk,tips gemuk,pengen gemuk,cara gemuk,gemuk bugil,orang gemuk,cara cepat gemuk,tips cepat gemuk,sex wanita gemuk,kurus,ingin gemuk,diet sehat,cara untuk gemuk,obat gemuk alami,tips agar gemuk,tips untuk gemuk,obat gemuk badan,gemuk sehat,sex orang gemuk,cara menjadi gemuk,cara membuat badan gemuk,cara agar cepat gemuk,kolesterol,gambar orang gemuk,cepat gemuk,tips biar gemuk,jamu gemuk,cara biar gemuk,pria gemuk,makanan yang membuat gemuk,gemuk badan,resep gemuk,cara agar gemuk,badan gemuk,tips gemuk sehat,tips supaya gemuk,gemuk jadi kurus,obat gemuk sehat,cara gemuk cepat,tips menjadi gemuk,supaya gemuk,cara bikin gemuk,tips agar cepat gemuk,tips biar cepat gemuk,cara supaya gemuk,cara membuat gemuk,biar gemuk,vagina wanita gemuk,penyebab gemuk,kegemukan,cara mengatasi kegemukan,mengatasi kegemukan,obesitas dan kegemukan,penyebab kegemukan,mengurangi kegemukan,kegemukan dan obesitas,akibat kegemukan,cara mengurangi kegemukan,masalah kegemukan,tips mengatasi kegemukan,mencegah kegemukan,cara menghilangkan kegemukan,atasi kegemukan,bahaya kegemukan,tips mengurangi kegemukan,penyakit kegemukan,cara mencegah kegemukan,makanan penyebab kegemukan,kegemukan pada anak,kegemukan obesitas

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...